Cara Melihat Formasi Kosong, Persiapan Seleksi PPPK Guru Tahap 2


Dalam Hasil Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK Guru 2021 dari Panitia Seleksi Nasional Pengadaan CASN 2021,kita dapat melihat nama peserta yang lulus maupun peserta yang tidak lulus. Kita juga dapat melihat sekolah yang formasinya kosong (formasi yang tak ada pelamar).

Selain itu, hasil seleksi PPPK Guru Tahap 1 juga memuat nilai ujian kompetensi yang terdiri dari kompetensi manajerial, sosio, dan wawancara serta total nilai sesudah ditambahkan afirmasi. Di kolom terakhir terdapat keterangan berupa kombinasi huruf dan angka, misalnya peserta Guru Berto diberi keterangan X-P1/L.

Ini berarti Guru Berto merupakan peserta PPPK Guru Tahap 1 yang melamar di sekolah tempat Guru Berto mengajar yang memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dilamar (X) dan Guru Berto memenuhi nilai ambang batas kategori 1 (P1) dan dinyatakan Lulus (L).

Formasi Kosong
Seperti kita ketahui bahwa Seleksi PPPK Guru Tahap 1 diperuntukkan bagi guru honorer yang mengajar di sekolah induk. Nah, bagi Bapak, Ibu pelamar PPPK Guru yang melamar di sekolah non-induk dan dinyatakan Tidak Lulus meski memiliki hasil seleksi lebih tinggi harus bersabar. Persiapkan diri untuk ikut Seleksi PPPK Guru Tahap 2.

Bagi Bapak, Ibu yang harus mengikuti Seleksi PPPK Guru Tahap 2 bisa mengecek formasi kosong (formasi yang tidak ada pelamarnya) dan jumlah saingan pelamar di sekolah tertentu bisa berkunjung ke laman PPK Guru Kemdikbudristek di  https://gurupppk.kemdikbud.go.id/seleksi_p3k_tahap_1/index.php/home/hasil

Berikutnya, Pilih Provinsi Untuk Mengunduh Data Hasil Seleksi Tahap 1, lalu Unduh Hasil Seleksi Tahap 1. Pada dokumen Hasil Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK Guru 2021 dalam format PDF, pilih Kabupaten/Kota, kemudian cari sekolah dengan formasi kosong seperti tampilan berikut.


Contoh formasi kosong

Jadwal Seleksi PPPK Guru Tahap 2
Sebagai penutup, berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 5663/B/GT.01.00/2021, pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap 2 dilaksanakaan pada 24 -30 Oktober 2021.

Demikian pembahasan cara melihat formasi kosong sebagai bagian dari persiapan seleksi PPPK Guru Tahap 2. Semoga bermanfaat.



Related Posts