SMK NEGERI 5 KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKOLAH ADIWIYATA

test
test

Adiwiyata, secara internasional disebut pula dengan Green School adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Green School lebih bermakna pada pembentukkan sikap anak didik dan warga sekolah terhadap lingkungan, yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Hal ini diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik di sekolah, rumah atau di lingkungan tempat tinggalnya. Termasuk di dalamnya program “Greening The Curriculum”, kurikulum hijau, artinya kurikulum yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan dalam bahasannya serta mengintegrasikan materi lingkungan ke dalam pembelajarannya, sesuai dengan topik bahasannya.

Sekolah Adiwiyata adalah program pemerintah yang dilaksanakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia melalui melalui Peraturan Menteri LHK no 52 tahun 2019 tentang Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Sedangkan makna dari ADIWIYATA itu sendiri adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. Secara singkatnya sekolah adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

SMK Negeri 5 Kota Tangerang Selatan adalah salah satu sekolah negeri di wilayah Tangerang Selatan yang berwawasan lingkungan. Selain itu sekolah yang berlokasi di Pamulang 2, Benda Barat 7 ini memiliki salah satu programnya adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup yang dikenal dengan sebutan Sekolah Adiwiyata.  “Saat ini kami sedang bahu membahu bersama guru, komite, dan orangtua siswa dalam rangka mempersiapkan sekolah adiwiyata ” ujar Rohmani Yusuf, S.Pd, M.Pd., selaku kepala SMKN 5 Tangerang Selatan. 

Dalam perjalanan mempersiapkan sekolah adiwiyata , sekolah kami memiliki Program Kemitraan dengan Membangun Partisipasi Aktif Masyarakat dalam mendorong adanya peningkatan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Kegiatan dalam penghijauan lingkungan sekolah yang kami lakukan melibatkan seluruh warga sekolah : siswa, komite sekolah dan orangtua/wali murid diantaranya :

Pembibitan Tanaman Konsumsi
Hutan Sekolah
Budi Daya Ikan Lele, Nila  
TOGA (Tanaman Obat Keluarga) Sekolah
Inovasi Produk Makanan dan Minuman
Pengelolaan Limbah dan Sampah

Berikut di antara manfaat dari program Adiwiyata ;

Mengubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan.
Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.
Dapat menghindari sejumlah resiko dampak lingkungan yang terdapat di wilayah sekolah.
Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah.
Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
Menjadikan tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan juga benar.
Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi segenap seluruh warga sekolah.

Editor : Jurnalis

Related Posts