TBM TRIASWARA, Gaungkan Minat Baca dan Seni Generasi Muda Tangsel

Sejarah berdirinya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan gagasan Bu Airin Rachmi Diani selaku Walikota Tangsel pada saat itu, menurut data dari UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001 persen. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Riset berbeda bertajuk World’s Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State Univesity pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca, persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61)

Dari kondisi diatas maka Pemerintah Kota Tangerang Selatan membuat gerakan Komunitas MAGMA (Masyarakat Gemar Membaca) yang dibina Ibu Airin. MAGMA melahirkan banyak TBM-TBM untuk menggairahkan minat baca warga. Salah satunya TBM Triaswara yang berlokasi di Jalan Flamboyan Raya Perumahan Reni Jaya Baru Pamulang Barat Tangerang Selatan. Komunitas TBM Triaswara didirikan pada tanggal 27 Desember 2012 atas prakarsa Asep Sundja Permana yang mendapat dukungan dari Tri Sutriono yang pada waktu itu sebagai Ketua RW 020 Perumahan Reni Jaya Baru

TBM TRIASWARA diresmikan Bp. Mathodah selaku KADIS DINDIK pada tgl. 27 Desember 2012 dikarenakan Ibu Airin berhalangan hadir utk meresmikan. TRIASWARA merupakan akronim dari Tri (Ketua RW), Imam (Perwakilan MAGMA), Asep Sunenti Koswara.

Profile Pengagas

Asep Sundja Permana, S.S. Tempat Tgl. Lahir Cirebon, 21 Mei 1958 Pekerjaan Guru. Alamat sekaligus sekretariat TBM Triasawara : Jl. Flamboyan V Blok AA 5 No. 6 Reni Jaya Baru. Tlp. 081310249845 Email : 5angsel.asep@gmail.com

Kegiatan TBM TRIASWARA

  • TBM Triaswara, sejak awal lebih fokus pada bidang Seni Budaya sehingga koleksi buku-bukunya tentang seni, tentang Budaya dan memotivasi pada bakat dan minat generasi muda.
  • Pemasyarakatan minat baca masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan dan lomba-lomba. Ketua TBM Triaswara banyak terlibat dalam kegiatan MAGMA seperti jadi Juri Lomba dan mengikuti pelatihan dan seminar yang mendatangkan Nara Sumber.

Kunjungan Pejabat Kota Tangerang Selatan

Rentang waktu berdirinya TBM Triaswara yang memasuki usia 8th pada th 2020 TBM Triaswara dikunjungi Bapak Benyamin, bulan September 2020 dan terakhir kunjungan Ibu Airin tanggal 25 Oktober 2020.



Related Posts